Makanan Pendongkrak Imunitas

Pintar-pintarlah memilih makanan di musim penyakit seperti sekarang. Ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan para ahli untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Yoghurt
Probiotik, atau bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt menghasilkan antibiotika alami yang membantu keutuhan mukosa usus, proses metabolisme, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Oatmeal
Oatmeal dan juga gandum mengandung beta-glucan, jenis serat yang berperan sebagai antimikroba dan antioksidan. Selain meningkatkan antibodi tubuh, konsumsi makanan ini akan mempercepat proses penyembuhan dan membantu antiobiotik bekerja lebih baik.

3. Bawang putih
Berbagai literatur merekomendasikan bawang putih sebagai jenis bahan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Bawang putih mengandung allicin yang efektif melawan infeksi dan bakteri. Sebuah studi juga menunjukkan orang yang rutin mengonsumsi bawang putih risikonya 30 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

4. Ikan
Selenium yang banyak terdapat pada hasil laut, seperti kerang, lobster, kepiting, atau ikan, akan membantu sel darah putih memproduksi protein sitokin yang akan mengusir virus flu keluar dari tubuh. Ikan salmon, makarel, atau ikan laut dalam lain kaya akan omega-3 yang efektif mengurangi inflamasi, meningkatkan sirkulasi dan melindungi paru-paru dari infeksi.

5.Teh
Orang yang minum 5 cangkir teh hitam setiap hari selama dua minggu diketahui memiliki interferon 10 kali lebih tinggi dalam darahnya dibanding orang yang tidak minum teh. Interferon adalah pelawan virus. Selain itu, teh juga mengandung asam amino L-theanin, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Theanin ini ditemukan pada teh hijau atau teh hitam.

Sumber: Kompas.com