Broadband Internet Kian Disuka

JAKARTA, Kompas.com - Apa situs Internet yang paling banyak dibuka orang Indonesia? Jawabnya adalah Yahoo.com. Begitu menurut catatan Torsten Leibner (Global Network Solution Manager, Nokia Siemens Network) yang mengutip data situs Alexa.com tanggal 25 Maret 2009.

Urutan-urutan berikutnya berturut-turut adalah Google.co.id, diikuti oleh Facebook.com, Google.com, Blogger.com, Friendster.com, YouTube.com, dan Wordpress.com. Sementara itu situs-situs lain, seperti detik.com, Windows Live, kompas.com, dan detiknews.com, dan klikbca ada di bawah situs-situs pertemanan sosial di atas.

"Social network adalah yang paling populer, seperti juga di negara-negara lain di seluruh dunia," kata Torsten.

Jika ditilik dari Top 10 Mobile Internet, tambah, Torsten, tetap saja jaringan pertemanan sosial yang populer. Untuk kategori ini, urutan pertama diduduki oleh friendster.com. Urutan-urutan berikutnya, begitu dikutip dari Opera, State of Mobile Web (02/09) adalah google.com, facebook.com, yahoo.com, waptrick.com. peperonity.con, gamejump.com, getjar.com, wikipedia.org, dan digg.com.

Sementara itu chatting menjadi kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh para pengguna aplikasi mobile. "Ini termasuk bagi pengguna berat Internet yang mengaksesnya setiap hari, dengan lebih 3 jam sekali akses, maupun bagi pengguna ringan yang mengakses Internet 2x - 3x per minggu dan melakukannya sekitar 1 - 2 jam setiap kali akses," papar Torsten.

Perilaku di atas - selalu ingin terhubung dengan teman - itulah yang juga membuat kian banyak pengguna yang memilih broadband Internet ketimbang mobile Internet saat ini. "Bisa membuat hidup lebih nyaman dan menyenangkan," kata Torsten. "Lebih efisien bagi kehidupan profesional, juga hemat uang dan meningkatkan kehidupan sosial untuk kehidupan pribadi," urainya.

Menurut Torsten, setelah beralih ke broadband Internet yang cepat, biasanya para pengguna akan lebih sering lagi mengakses Internet. "50% akses setiap hari di rumah, 15% akses setiap hari secara mobile untuk mereka yang bekerja maupun yang tidak bekerja." Ia mengatakan bahwa mobile broadband kini penting secara ekonomi.

2 comments: (+add yours?)

Hendy mengatakan...

Wah, nuduh tuh.
Menurut : http://www.alexa.com/topsites/countries/ID, yang pertama adalah Google.co.id, yahoo.com, facebook.com, google.com, blogger.com, dan seterusnya.
Sudah kira2 2 mingguan ini, Google di puncak ranking, lho...

hendras mengatakan...

Mungkin saja kan masing-masing punya cara perhitungan yang berbeda bro... sama kaya pemilu nanti.. masing2 punya quick count tapi gak selalu sama kan hasilnya? :-)