Sering Terbangun Tengah Malam

Anda mudah tertidur, namun sering terbangun di tengah malam. Bila sudah terbangun, Anda sulit untuk tidur kembali dan baru dapat tidur menjelang pagi. Akhirnya, Anda menjadi mengantuk saat tiba waktunya untuk bangun dan berangkat ke kantor.

Bila hal ini terjadi lagi, haruskah kita minum obat tidur?

Sebenarnya Anda boleh saja minum obat tidur. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menemukan akar permasalahan yang sebenarnya.

Ada dua jenis insomnia: akut dan kronis. Insomnia akut biasanya disebabkan stres, jet lag, atau masalah pekerjaan dan keluarga. Insomnia jenis ini biasanya hanya berlangsung beberapa hari atau minggu.

Sementara insomnia kronis bisa terjadi selama 1 bulan bahkan lebih. Dan, umumnya merupakan akibat pengobatan tertentu, masalah psikologis seperti depresi dan gangguan kecemasan, atau menopause dan persoalan kesehatan lainnya.

Gangguan tidur dan sindrom Ekbom atau restless leg syndrome, yang ditandai dengan adanya dorongan kuat untuk memindah-mindahkan kaki dengan cepat ketika mau tidur, juga bisa membuat kita terbangun tengah malam.

Sebelum menggunakan bantuan untuk tidur, cobalah beberapa cara yang bersifat alami. Misalnya, tidur pada jam rutin, hindari kafein dan alkohol sebelum tidur, dan pakai kamar tidur hanya untuk tidur dan melakukan aktivitas seksual. Anda juga bisa mencoba mandi dengan air hangat yang ditetesi minyak esensial vanila atau lavender sebelum tidur.

Kalau ternyata dokter berkata Anda sehat dan saran-saran di atas tidak berhasil, coba valerian, tanaman alami yang sudah lama dipakai untuk melawan insomnia. Minumlah 1-2 kapsul (masing-masing 350-450 mg) setengah jam sebelum tidur. Atau coba melatonin, hormon pengatur siklus tidur-bangun. Ambil 2,5 mg dan letakkan di bawah lidah. Hormon ini bekerja cepat, jadi bila terbangun tengah malam, Anda bisa mengonsumsi kapsul ini tanpa khawatir akan mengantuk di pagi hari.

Untuk penggunaan rutin, gunakan dosis kecil, yaitu 0,25-0,3 mg (pecahkan tablet agar jadi lebih kecil).

Sumber: Infovegetarian