TELUR dan KOLESTEROL

Telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, dan makanan yang memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, seberapa besar pengaruh kolesterol makanan terhadap peningkatan kadar kolesterol darah masih belum diketahui dengan jelas. Beberapa ilmuwan percaya bahwa lemak jenuh dan lemak trans mempunyai pengaruh yang lebih besar dalam meningkatkan kolesterol darah dibandingkan kolesterol dalam makanan.

Satu butir telur mengandung sekitar 213 mg kolesterol – semuanya ada di dalam kuning telur. Jika anda sehat, dianjurkan mengkonsumsi kolesterol makanan kurang dari 300 mg sehari. Tetapi jika anda menderita penyakit kardiovaskuler, diabetes, atau kolesterol LDL yang tinggi, sebaiknya membatasi asupan kolesterol makanan kurang dari 200 mg sehari.

Oleh karena itu, jika anda makan sebutir telur sehari,anda harus membatasi makanan yang mengandung kolesterol dalam hari itu.

Jika anda suka telur, tapi tidak ingin menambah kolesterol masuk ke tubuh anda, makanlah putih telur saja. Putih telur tidak mengandung kolesterol.

sumber: wartamedika.com