Si Magic Plant Dipatenkan Jepang dan Amerika

MENGKUDU bahasa Latinnya Morinda citrifolia adalah tumbuhan untuk obat-obatan yang tumbuh di Kepulauan Maluku dan sekitarnya, di Indonesia. Sejak sekitar 6000 tahun yang lalu, buah dan daunnya dipakai sebagai makanan atau sayuran dan obat-obatan. Batang dan akarnya digunakan sebagai bahan pewarna celupan. Ada 80 jenis tanaman mengkudu. Menurut HB Guppy, ilmuwan Inggris yang mempelajari mengkudu di awal 1990, sekitar 50 jenis tanaman mengkudu tersebar di berbagai pulau besar dan kecil di sekitar Indonesia dan Malaysia, serta Samudera Hindia dan Pasifik.

Mengkudu, si buah ajaib berfungsi multi khasiat, tumbuh subur di Indonesia. Namun kita kalah cepat dalam kajian dan penelitiannya sehingga Jepang dan amerika yang tak ada mengkudu bahkan telah mempatenkan penemuannya. Di Indonesia, tanaman ini betah tumbuh di mana-mana walau tidak sengaja di tanam bahkan tanpa di pupuk. Buahnya yang lebat kadang berjatuhan, namun tak dilirik karena bau menyengat tak sedap. Mengkudu juga dikenal dengan Pace, Lengkudu, Noni, Bangkudu, dan Magic Plant. Siapa nyana buah yang dikenal untuk berbagai macam obat di tanah air ini telah dipatenkan di Jepang dan Amerika, yang notabene tanaman “ajaib” tersebut tak tumbuh di sana.

Jepang, yang telah melakukan penelitian terhadap buah mengkudu ini, 1985, mempatenkan penemuannya terhadap ekstrak buah mengkudu sebagai obat hepatitis oleh EISAI CO.Ltd/Mr. Ogata Yoshitake. Kemudian 1995, Jepang juga mematenkan ekstrak akar mengkudu sebagai anti bakteri (Helicovbacter pylory) oleh TERUMO CORP../Mr. Hasegawa Hirokazu dan Mr. Koyano Takashi.

Amerika, pada 22 Februari 1994 telah mempatenkan produk-produk farmasi dari mengkudu beserta teknologi pengolahannya yang mereka daftarkan di United State dengan Paten No.5, 288, 491. Tahun 1993, jurnal Cancer Letter melaporkan bahwa beberapa peneliti dari Keio University dan The Institute of Biomedical Sciences di Jepang melakukan riset terhadap 500 jenis tanaman. Dan mereka mengklaim telah menemukan zat –zat anti kanker (damnacanthal) yang terkandung dalam buah mengkudu. Mereka juga menyimpulkan bahwa zat anti kanker pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

Sari/jus buah ini mengandung gizi. Kandungannya seimbang dan terdiri dari protein, karbohidrat (berbagai jenis gula, serat nabati larut air), berbagai jenis vitamin dan mineral. Vitamin C yang terkandung dalam buah ini, yaitu sekitar empat sampai lima kali lipat dari yang terkandung dalam jeruk tropis.

Lipida: asam lemak caproic, caprilic, lauryl, myristic, palmitic, stearic, acid&oleic acid.
Protein: semua jenis asam amino.
Vitamin: B1,B2,B6, Niacin, C, E, dan K.
Mineral: Kalsium, Fosfor, Kalium, Magnesium, Zinc, Iron, dan Mangan.
Komponen: Pada jus Mengkudu / Noni / Pace ditemukan 140 macam komponen termasuk bahan nutrisi. Komponen yang efektif & memiliki fungsi tinggi pada jus noni yaitu senyawa coumarin, anthraquinone, asam lemak, terpenoid.

Untuk saat ini penelitian ilmiah terbilang paling monumental terhadap "mengkudu" adalah yang dilakukan Prof. Neil Solomon, MD., Phd dari John Hopkins Medical Institution, Amerika di 1997-1998. Penelitian melibatkan 40 dokter dan 8000 pasien pengguna sari buah mengkudu. Kesimpulannya, 78% dari pengguna telah merasakan manfaatnya mengatasi penyakit yang dideritanya.
(Kanker, Kolesterol Tinggi, Jantung, Gangguan pencernaan, Diabetes Mellitus, Tekanan Darah Tinggi & Untuk meningkatkan daya tahan tubuh)

Noni dilaporkan juga aman bagi ibu hamil dan menyusui. Pengguna Noni dapat bersamaan dengan pengobatan lain karena tidak ditemukan interaksi negatif.

Bagaimana di Indonesia yang memiliki 940 jenis tanaman obat? Sampai saat ini belum ada satu pun yang dipatenkan. Untuk mengkudu sendiri, secara lembaga baru BPPT, dan itu pun baru-baru ini dilakukan penelitiannya yang bekerjasama dengan MSF yang memproduksi sari buah mengkudu. Jadi, memang perlu rangsangan menarik, dan “reward” yang sesuai agar peneliti-peneliti kita tertarik untuk meneliti & mempatenkan penemuannya.

Untuk mengetahui bagaimana kandungan bio aktif dalam Jus Mengkudu klik disini

Dan tingkat penyembuhan dari Mengkudu bisa klik disini